Strategi
pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses
pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus mempersiapkan strategi belajar
supaya pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini berguna
untuk menciptakan suatu situasi dari kondisi yang memungkinkan siswa untuk
belajar secara aktif dan menyelesaikan suatu permasalahhan yang dihadapinya.
Salah satu komponen dalam SBM yaitu dengan menggunakan model LAPS-Heuristik.
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2003) heuristic adalah bersangkutan dengan prosedur
analitis yang dimulai dengan perkiraan yang tepat dan mengeceknya kembali
sebelum memberi kepastian.
Sedangkan
menurut Polya (dalam Hendra, 2009 : 18) menyatakan bahwa:
“An
important compment within the heuristic is the selection of a problem solving
strategy. Student must be through the problem solving strategis and be provided
with good setting in which to apply these strategis”.
Lalu sekolah
dasar di Emporia (Kansas) yaitu Logan
Elementary School mengusulkan dua cara heuristic
yang digunakan dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika.
Heuristic yang
pertama mencakup:
1.
Read and
visualize the situation
2.
Explore ideas
3.
Choose a
strategy
4.
Find a solution
5.
Check to see if
it solves the problem
Sedangkan heuristic yang kedua mencakup:
1.
What is the
problem?
2.
What are the
alternatives?
3.
What are the
advantages or disadvantages?
4.
What is the
solution?
5.
How will is it
working?
Kemudian dengan dua heuristic tersebut disebut
dengan nama Logan Avenue Problem Solving Heuristic (LAPS – Heuristic).
Dalam LAPS-Heuristic
tersebut lalu guru mengembangkan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang
harus digunakan oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika yaitu
soal-soal matematika.
Langkah-langkahnya digambarkan sebagai berikut:
Dalam strategi yang digunakan untuk menyelesaikan
masalah, William Allen White Elementary School (Emporia, Kansas), membedakan
kemampuannya menjadi 3 level, yaitu:
Kindergarten
: emphasized the use of manipulatives, “act it aut”, and draw a picture
First
grade : emphasized guees and check, make a table and list or chart
Second
grade : emphasized “look for a pattern” and use logical reasoning
Third
grade : focused on the “work backwards” strategy.
Jadi jelaslah bahwa
LAPS-Heuristic adalah model pemecahan
masalah matematika yang menekankan pada pencarian alternatif-alternatif yang
berupa pertanyaan-pertanyaan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah
yang sedang dihadapi, kemudian menentukan alternatif yang akan diambil sebagai
solusi, kemudian menarik kesimpulan dari masalah tersebut.
Terima kasih atas penjelasannya kak. sangat membantu, dan saran ya kak sertakan daftar pustaka untuk ke depannya itu sangat membantu bagi kami (pembaca). Selamat berbagi ilmu....
ReplyDelete