Wednesday, February 27, 2013

Model pembelajaran SAVI



Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Sesuai dengan singkatan dari SAVI sendiri yaitu Somatic, Auditori, Visual dan Intektual, maka karakteristiknya ada empat bagian yaitu:


a.         Somatic;

”Somatic” berasal dari bahasa yunani yaitu tubuh – soma. Jika dikaitkan dengan belajar maka dapat diartikan belajar dengan bergerak dan berbuat. Sehingga pembelajaran somatic adalah pembelajaran yang memanfaatkan dan melibatkan tubuh (indera peraba, kinestetik, melibatkan fisik dan menggerakkan tubuh sewaktu kegiatan pembelajaran berlangsung).

b.        Auditori;

Belajar dengan berbicara dan mendengar. Pikiran kita lebih kuat daripada yang kita sadari, telinga kita terus menerus menangkap dan menyimpan informasi bahkan tanpa kita sadari. Ketika kita membuat suara sendiri dengan berbicara beberapa area penting di otak kita menjadi aktif. Hal ini dapat diartikan dalam pembelajaran hendaknya mengajak siswa membicarakan apa yang sedang mereka pelajari, menerjemahkan pengalaman siswa dengan suara. Mengajak mereka berbicara saat memecahkan masalah, membuat model, mengumpulkan informasi, membuat rencana kerja, menguasai keterampilan, membuat tinjauan pengalaman belajar, atau menciptakan makna-makna pribadi bagi diri mereka sendiri.

b.        Visual;

Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Dalam otak kita terdapat lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual daripada semua indera yang lain. Setiap siswa yang menggunakan visualnya lebih mudah belajar jika dapat melihat apa yang sedang dibicarakan seorang penceramah atau sebuah buku atau program computer. Secara khususnya pembelajaran visual yang baik adalah jika mereka dapat melihat contoh dari dunia nyata, diagram, peta gagasan, ikon dan sebagainya ketika belajar.

c.         Intektual.

Belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Tindakan pembelajar yang melakukan sesuatu dengan pikiran mereka secara internal ketika menggunakan kecerdasan untuk merenungkan suatu pengalaman dan menciptakan hubungan, makna, rencana, dan nilai dari pengalaman tersebut. Hal ini diperkuat dengan makna intelektual adalah bagian diri yang merenung, mencipta, dan memecahkan masalah.



Pembelajaran SAVI memiliki prinsip-prinsip dasar pelaksanaan. Prinsip dasar SAVI sejalan dengan prinsip dari Accelerated Learning (AL), yaitu:

a.         pembelajaran melibatkan seluruh pikiran dan tubuh;

b.        pembelajaran berarti berkreasi bukan mengkonsumsi;

c.         kerjasama membantu proses pembelajaran;

d.        pembelajaran berlangsung pada banyak tingkatan secara simultan;

e.         belajar berasal dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri dengan umpan balik;

f.         emosi positif sangat membantu pembelajaran;

g.        otak-citra menyerap informasi secara langsung dan otomatis.



Dalam pelaksanaannya, pembelajaran SAVI perlu direncanakan. Perencanaannya dapat dibagi kedalam empat tahap, yaitu:

a.        Tahap Persiapan (kegiatan pendahuluan);

Pada tahap ini guru membangkitkan minat siswa, memberikan perasaan positif mengenai pengalaman belajar yang akan datang, dan menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk belajar. Secara spesifik tahap ini meliputi hal:

1)          memberikan sugesti positif;

2)          memberikan pernyataan yang memberi manfaat kepada siswa;

3)          memberikan tujuan yang jelas dan bermakna;

4)          membangkitkan rasa ingin tahu;

5)          menciptakan lingkungan fisik yang positif;

6)          menciptakan lingkungan emosional yang positif;

7)          menciptakan lingkungan sosial yang positif;

8)          menenangkan rasa takut;

9)          menyingkirkan hambatan-hambatan belajar;

10)      banyak bertanya dan mengemukakan berbagai masalah;

11)      merangsang rasa ingin tahu siswa;

12)      mengajak pembelajar terlibat penuh sejak awal.

b.        Tahap Penyampaian (kegiatan inti);

Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa menemukan materi belajar yang baru dengan cara mencari, menyenangkan, relevan, melibatkan pancaindera, dan cocok untuk semua gaya belajar.



Hal- hal yang dapat dilakukan guru dalam kegiatan inti ini adalah:

1)        uji coba kolaboratif dan berbagi pengetahuan;

2)        pengamatan fenomena dunia nyata;

3)        pelibatan seluruh otak, seluruh tubuh;

4)        presentasi interaktif;

5)        grafik dan sarana yang presentasi berwarna-warni;

6)        aneka macam cara untuk disesuaikan dengan seluruh gaya belajar;

7)        proyek belajar berdasar kemitraan dan berdasar tim;

8)        latihan menemukan (sendiri, berpasangan, berkelompok);

9)        pengalaman belajar di dunia nyata yang kontekstual;

10)    pelatihan memecahkan masalah.

c.        Tahap Pelatihan (kegiatan inti)

Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara. Secara spesifik, yang dilakukan guru yaitu:

1)        aktivitas pemrosesan siswa;

2)        usaha aktif atau umpan balik atau renungan atau usaha kembali;

3)        simulasi dunia-nyata;

4)        permainan dalam belajar;

5)        pelatihan aksi pembelajaran;

6)        aktivitas pemecahan masalah;

7)        refleksi dan artikulasi individu;

8)        dialog berpasangan atau berkelompok;

9)        pengajaran dan tinjauan kolaboratif;

10)    aktivitas praktis membangun keterampilan;

11)    mengajar balik.

d.        Tahap Penampilan Hasil (kegiatan penutup)

Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat. Hal –hal yang dapat dilakukan adalah:

1)      penerapan dunia nyata dalam waktu yang segera,

2)      penciptaan dan pelaksanaan rencana aksi,

3)      aktivitas penguatan penerapan,

4)      materi penguatan prsesi,

5)      pelatihan terus menerus,

6)      umpan balik dan evaluasi kinerja,

7)      aktivitas dukungan kawan,

8)      perubahan organisasi dan lingkungan yang mendukung.

1 comment: